Grab Buat Fitur ‘Anti Tuyul’ untuk Melawan Pengemudi Curang

92

Fenomena pengemudi ojek online yang memalsukan lokasi keberadaannya dengan aplikasi ‘fake Global Positioning System (GPS)’ membuat Grab geram. Grab akan memblokir aplikasi pengemudi yang dipasang aplikasi GPS palsu (fake GPS). Hal ini dilakukan Grab dengan memberikan pembaruan pada aplikasi pengemudi dengan fitur Anti Tuyul.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, mengatakan “Pada aplikasi Grab versi terbaru, perangkat mitra pengemudi yang memiliki aplikasi ‘fake GPS’ atau lebih dikenal dengan sebutan Tuyul akan diblokir dari platform Grab,”

Aplikasi Grab pengemudi tak akan bisa digunakan begitu terdeteksi menggunakan Fake GPS, dengan adanya fitur Anti Tuyul ini, aplikasi Grab pengemudi tak akan bisa digunakan begitu terdeteksi menggunakan Fake GPS. Meski demikian, pengemudi mesti memperbarui aplikasi Grab mereka terlebih dulu agar fitur ini bisa digunakan.

Aplikasi GPS palsu ini biasanya digunakan mitra pengemudi untuk mengelabui aplikasi Grab dengan memalsukan lokasi asli mereka. Agar aplikasi Grab pengemudi bisa digunakan kembali, mereka harus menghapus aplikasi fake GPS itu terlebih dahulu.

Dengan aplikasi Fake GPS ini, mereka bisa menentukan lokasi sesuka hati meski mereka sebenarnya tak ada di lokasi tersebut. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengambil pesanan di daerah-daerah yang ramai pesanan tanpa mereka harus “nongkrong” di tempat itu.

Selain itu aplikasi ini juga digunakan untuk memalsukan bahwa mereka telah menyelesaikan pesanan dengan pengendara, meski mereka sebenarnya tidak beranjak kemanapun.

Ridzki mengatakan “Pengunaan aplikasi sejenis fake GPS ini tidak hanya merugikan para pelanggan karena harus menunggu lebih lama karena posisi pengemudi lebih jauh dari apa yang tertera di GPS,” .

“Tapi juga merugikan mitra pengemudi yang bekerja keras secara jujur tanpa melakukan tindak kecurangan,” ujar Ridzki.

fitur ‘Anti Tuyul’ ini telah tersemat secara otomatis pada aplikasi Grab. Mitra pengemudi yang didapati melakukan kecurangan dengan memasang fake GPS akan dikenakan sanksi berupa suspend.