Google Stadia Rilis Pada 19 November 2019

130

Google telah menyediakan platform game online terbaru Google Stadia pada bulan 19 November 2019. Google akan merilis platform game online berbasis cloud atau komputasi awan.

Tidak sama dengan informasi sebelumnya, awalnya Google Stadia menyuguhkan 30 game dari publisher ternama. Namun, baru-baru ini menyebut bahwa Cuma ada 12 game yang akan disuguhkan dari berbagai genre yang menandai debut Stadia.

Game-game tersebut seperti game papan atas yang disebut istilah “triple-A” (AAA). Assassin`s Creed: Odysey, Destiny 2, dan Red Dead Redemption 2.

Selain itu, ada sistem tab “jelajahi” konten terkait game, sekaligus menu membagikan video atau screenshot dari game yang dimainkan pengguna melalui flatform medsos, seperti Reddit, Twitter, Facebook, dan YouTube.

Saat ini, dalam sementara waktu aplikasi tersedia di Google Play saja. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan aplikasi pendamping Google Stadia ini hadir di iOS.

Google Stadi terkoneksi dengan banyak platform, seperti Pixel Slate, Acer Chromebook Tab 10, HP Chromebook X2, Pixel 2, Pixel 3 dan Pixel 3a, dan Pixel 4. Google Stadia baru akan tersedia di 14 negara seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

Google sendiri membanderol Founder Edition seharga US$ 130 atau sekitar Rp 1,8 juta lengkap dengan perangkat starter kit (dongle Chromecast Ultra, joystick Night Blue), dan layanan premium selama tiga bulan untuk dua orang. Sementara itu, Stadia Pro akan dikenakan biaya berlangganan US$10 (Rp 142 ribu) per bulannya.