Google Mungkin Melacak Lokasimu Saat Ini, Ini Cara Hentikannya!

152

Ketika ada berita bahwa sebuah alat bernama Location History Visualizer dapat menggunakan data Google untuk mendeteksi dari semua tempat yang pernah kamu kunjungi, itu membuat sedikit agak mengkhawatirkan. Jadi seberapa tepatnya data yang diketahui Google tentang lokasi dan perjalanan sehari-harimu?

Kecuali jika kamu secara khusus mengubah pengaturan riwayat lokasi kamu, raksasa teknologi itu mungkin hampir tahu segalanya. Menurut Todd Haselton, Google tahu kapan kita tiba di kantor sampai ke menit yang tepat dan juga menyimpan salinan foto yang dia ambil di setiap lokasi yang dia kunjungi.

Informasi ini dikumpulkan dan disimpan bahkan ketika kamu tidak menggunakan Google Maps atau aplikasi Google lainnya. Perusahaan itu mengatakan peta pribadi ini hanya dapat dilihat oleh Anda, tetapi jika kamu merasa tidak nyaman dengan konsep keberadaan kamu yang didigitalkan, ada cara untuk menonaktifkan fitur pelacakan lokasi Google tersebut.

Kunjungi halaman Pemeriksaan Privasi Google, lalu gulir ke “Riwayat Lokasi” dan pilih “Kelola Riwayat Lokasi.” Selanjutnya, scroll ke bagian bawah halaman dan pilih “Kelola Riwayat Lokasi” kemudian alihkan tombol untuk mematikan pelacakan.

Kamu juga dapat menghapus data sebelumnya dengan mengeklik “Hapus semua riwayat lokasi”. Hal terakhir adalah kamu juga harus mengunjungi halamana “Kontrol Aktivitas Google” dan mematikan “Web & Aktivitas”, dan selesai.

Yang perlu diingat bahwa beberapa aplikasi Google mungkin tidak berfungsi sama seperti sebelumnya, menurut Google. Perusahaan itu menggunakan data lokasi untuk menawarkan pembaruan lalu lintas real-time, peta yang dipersonalisasi, dan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi.