Google Mengganti Doodlenya Menjadi Batik, Orang-orang Heboh!

117

Batik merupakan warisan seni tradisional dari Indonesia. Hal ini telah mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Kata batik sendiri berasal dari Jawa yang terdiri dari ‘amba’ dan ‘titik’. Amba memiliki arti ‘menulis’, jadi ‘amba’ dan titik artinya menulis atau membuat titik-titik.

foto: google

Manuskrip yang berasal dari tahun 1520 AD yang ditemukan di Galuh, Cirebon Selatan (Jawa Barat), tertulis bahwa batik juga berarti ‘seratan,’ yang dalam bahasa Jawa berarti ‘menulis.’

Kalau kamu membuka website google, hari ini google mengganti doodlenya menjadi motif batik. Hal ini tentu mendapat perhatian dari khalayak ramai. Apalagi ternyata batik ini tidak dibuat dengan menggunakan komputer melainkan dengan batik asli.

foto: google
foto: google

Google menjelaskan bahwa Doodle ini dibuat dengan kain putih yang diwarnai. Karya ini dibuat oleh Lydia Nichols seorang pengrajin seni yang belajar

Logo Google Doodle ini ternyata dibuat dari batik asli. Bukan hasil rekayasa komputer. Dalam penjelasan resminya, logo Doodle dibuat menggunakan kain putih yang diwarnai dengan pigmen alami, nila dan osage oranye. Logo ini dibuat oleh perajin seni Lydia Nichols yang mempelajari langsung cara pembuatannya.

foto: google