Hal-hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Lari!

196

Setiap manusia akan melakukan olahraga, salah satunya olahraga paling praktis yaitu berlari. Aktivitas fisik ini mudah dilakukan serta tidak mengurangi konsentrasi dalam membakar lemak.

Namun, sebelum melakukannya, kamu harus melakukan pemanasan. Agar kardio jadi maksimal, gerakan pemanasan sebelum berlari juga dapat menghindari risiko cedera.

Sebagian orang banyak yang mengabaikan, akibatnya cedera, serta dapat mempengaruhi kualitas olahraga kamu nantinya. Gerakan sebelum berlari itu bisa dibilang sama dengan kendaraan, sebelum menjalankan harus dipanaskan.

Nah, maka dari itu otot menjalani proses pemanasan, agar siap “dipakai” saat berlari. Jika otot “kaget”, maka akan mengeluarkan ketegangan otot, hal tersebut bisa membuat kamu berhenti sejenak dari kegiatan lari.

Perlu diketahui, meregangkan otot-otot ditubuh itu harus dilakukan dengan cara pemanasan. Hal tersebut, membuat otot dan persendian, berada pada jangkauan gerak paling penuh.

Ada beberapa gerakan sebelum berlari, yang bisa menjadi contoh kamu untuk meregangkan otot.

Berjalan

Jalan kaki, dapat membantu Anda mempersiapkan otot kaki, untuk bisa berlari dalam waktu yang cukup lama. Agar kaki Anda tidak kaget, saat berlari dengan gerakan yang cepat, berjalan kaki bisa menjadi pemanasan yang tepat.

Pemanasan sebelum lari ini bisa Anda lakukan selama 10 menit, untuk memompa darah, supaya mengalir ke seluruh tubuh.

Melenturkan paha depan

Quadriceps, atau paha depan, tidak boleh dilupakan saat melakukan pemanasan sebelum lari. Untuk “memanaskan” paha depan, Anda cukup berdiri dengan tegak, lalu angkat betis dan kaki ke arah belakang. Lakukan pemanasan ini, mulai dari kaki kanan, kemudian beralih ke kaki kiri.

Setidaknya, tahan gerakan ini selama 30 detik, setelah itu baru ganti ke bagian kaki yang lain. Pemanasan sebelum lari ini harus dilakukan, terutama jika Anda berlari di medan yang naik-turun.

Peregangan otot ini, harus dirasakan di bagian depan paha Anda, mulai dari pinggul hingga lutut. Jika peregangan dirasakan di bagian tubuh lainnya, maka ada yang salah dengan gerakan Anda.

Peregangan iliotibial band

Iliotibial band adalah bagian tubuh di luar paha, antara pinggul dan tulang kering. Bagian tubuh ini, seringkali terkena cedera, bagi pelari pemula, yang tidak melakukan pemanasan sebelum lari.

Untuk meregangkan bagian tubuh ini, Anda hanya harus berdiri dengan tegap, silangkan pergelangan kaki kiri di belakang pergelangan kaki kanan Anda. Kemudian, angkat tangan kanan Anda, melewati ke atas kepala. Tahan setidaknya selama 30 detik, kemudian ulangi lagi dengan sisi tangan dan kaki yang berbeda.

Perlu diingat, saat tangan kanan diangkat ke atas, melewati kepala, tubuh juga harus condong ke kanan. Hal ini dilakukan agar peregangan bisa dirasakan di bagian kaki kiri, begitu juga sebaliknya.