Gempa Bumi Berkekuatan 7,4 di Maluku Tenggara, Guncangannya Sampai ke Australia

118

Indonesia terletak di antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Selain itu juga Indonesia termasuk dalam cincin api pasifik, yang tidak lain gugusan gunung berapi di dunia.

Hal ini yang kemudian menjadi penyebab kenapa di Indonesia sering sekali terjadi gempa bumi, baik vulkanik maupun tektonik.

Hari ini, Senin (24/06) terjadi gempa tektonik berkekuatan 7,4 yang berpusat di wilayah Laut Banda, Maluku Tenggara. Gempa ini terasa hingga ke Darwin, Australia

Gempa itu melanda pada kedalaman 220 kilometer di Laut Banda, sekitar pukul 09.53 WIB (atau pukul 11:53 WIT), ungkap Badan Meteorolgi dan Geofisika (BMKG).

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Laut Banda,” kata Kepala Pusat BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulis yang diterima BBC News Indonesia, Senin (24/06).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault), kata BMKG.

Gempa yang terjadi sampai terasa ke Darwin, Australia. Sampai saat ini, belum ada laporan adanya korban atau kerusakan setelah gempa terjadi.