Gamer Cewek Lebih Jago Dari Gamer Cowok, Fakta atau Mitos?

73

Dunia gim sangat identik dengan cowok, bahkan anggapan bahwa gamer itu harus cowok dibandingkan “cewek enggak banget” untuk gaming.

Dalam sebuah game memang cowok lebih banyak dibandingkan cewek, sampai ada sebutan prejudis bahwa cowok dikenal sebagai gamer jago daripada cewek. Namun, pendapat itu hanyalah bualan, bahkan pandangan seperti ini terpatahkan oleh ilmuwan Amerika Serikat.

Penelitian Dr. Cuihua Shen dari University of California dan Dr. Rabindra Ratan dari Michigan State University menjelaskan bahwa kelamin tidak berpengaruh terhadap kemampuan seseorang bermain gim.

Dalam kesimpulan terdapat dari 10.000 responden yang terdiri dari gamer MMO (Massive Multiplayer Online). Gamer wanita dapat melakukan “level up” tak kalah baiknya dari gamer cowok.

Peneliti juga menjelaskan bahwa alasan mengapa cewek dianggap sebagai gamer yang tidak berkompeten.

Gamer cewek biasanya dalam kurun waktu singkat daripada gamer cowok, bahkan cewek biasanya memilih karakter gim yang kurang agresif, seperti “healer” atau penyembuh. Namun, di sisi lain, gamer cowok terbukti lebih fokus menaikkan level dengan cepat dalam memenangkan kompetisi dengan gamer lain.

Sebaliknya, untuk gamer cewek itu lebih fokus dalam menjalin hubungan dengan gamer lain. Bisa dibilang, mereka itu lebih mementingkan interaksi dibandingkan mengejar level tinggi.

Tetapi dalam perbedaan motivasi, tidak berpengaruh terhadap kemampuan gaming gamer cewek. Terbukti, bahwa mereka juga mampu menaikkan level secepat gamer cowok, jika memang fokus dalam hal itu.

Sebenarnya banyak gamer cewek lebih lihai daripada gamer cowok, namun, hanya saja industri lebih banyak gamer cowok. Sekaligus preferensi mereka tentang gim tidak lebih terbuka dibandingkan cowok.