FBI Menutup Situs Marketplace Obat Terlarang Sekaligus Menangkap Pemiliknya

97

FBI telah menutup situs marketplace narkoba di darkweb sekaligus menangkap para pemilik situs tersebut.

Yang disebut dengan “darknet atau “darkweb” adalah bagian dari internet yang hanya didapat diakses oleh perangkat lunak atau perangkat keras. DeepDotWeb adalah situs web yang dapat ditelusuri secara teratur yang menyediakan direktori dengan akses langsung ke sejumlah situs marketplace yang menjual obat-obatan terlarang seperti kokain, heroin, dan meth.

Situs ini juga menyediakan akses ke situs marketplace senjata api, termasuk assault riffle, software berbahaya serta alat untuk peretasan.

Pemilik situs yang diduga Tal Prihar 37, dan Micheal Phan 34, keduanya dari israel, masing-masing ditangkap hari senin di Israel dan Prancis.

Prihar dan Phan diduga menerina pembayaran melalui Bitcoin ketika seseorang membeli sebuah item di situs darknet. Mereka sudah menghasilkan lebih dari 15 juta dolar sejak Oktober 2013 lalu.

Penutupan direktori seperti DeepDotWev sangatlah penting, karena harus menghetikan ratusan juta jota pembelian obat-obatan terlarang.

Pemerintah AS telah menutup situs marketplace obat-obatan terlarang darknet di masa lalu, tetapi mereka dengan cept digantikan dengan yang baru. Pada Juli 2017, otoritas federal AS menutup situs marketplace obat terlarang AlphaBy dan Hansa. Tetapi dalam beberapa hari kemudain situs darknet lain telah mengambil sebagian sebagian besar daftar nama untuk menyoroti tantangan yang dihadapi pihak otoritas. Direktori adalah cara banyak pelanggan menemukan situs darknet, dan penutupan direktori utama adalah pencapaian pertama bagi FBI.