Facebook Disebut Mampu Tingkatkan Penjualan

83

Director of SMB Southeast Asia Facebook Sarita Singh menyebut Facebook efektif untuk tingkatkan penjualan dan brand awareness.
Hal ini diungkap berdasarkan survey Morning Consult pada 2017 kepada responden di Indonesia. Menurutnya, 80 persen UMKM Facebook mengatakan telah meningkatkan penjualan dengan menggunakan platform Facebook. Sementara 89 persen responden menyatakan Facebook mampu meningkatkan brand awareness mereka. 

Co-Founder Girls in Tech Indonesia Anantya Van Bronckhorst mengatakan sistem iklan di Facebook memungkinkan pengguna untuk memasarkan produk yang tepat sasaran dengan target pasar yang dituju oleh pelaku UMKM. Girls in Tech sendiri merupakan mitra Facebook untuk mengedukasi perempuan wirausaha muda dalam digital marketing. Saat ini Anantya mengklaim ada 895 perempuan wirausaha dalam program Girl In Tech Indonesia dan Facebook.

Ia menilai layanan iklan Facebook menyediakan insight atau saran kepada pelaku UMKM untuk melihat data-data persentase target konsumennya.

“Secara platform dia paling maju. Kita bisa pilih iklan yang kita mau tergantung objektif kita. Facebook itu ada beberapa jenis iklan yang memenuhi kebutuhan kita maunya apa. Kemudian target tepat sasaran itu bisa di Facebook,” ujar Anantya.

Selain itu, Sejak 2011 Facebook telah menggelontorkan dana lebih dari Rp14,6 triliun untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara global termasuk di Indonesia.

Jika dihitung dari total pendapatan Facebook dari 2011 hingga 2017 yang mencapai Rp1,68 kuadriliun, angka tersebut tergolong kecil. Apalagi dana ini dibagi ke berbagai negara di seluruh dunia dalam tujuh tahun belakangan.

Sarita Singh, mengatakan dana ini dialokasikan untuk pusat penelitian dan pengembangan, teknologi, program kampanye untuk mendorong UMKM agar berkembang.

“Sejak 2011, Facebook telah berinvestasi untuk teknologi, Research and Development Center, serta beberapa program untuk mengedukasi pelaku UMKM untuk menggunakan platform Facebook untuk berjualan,” ujar Sarita di kantor Facebook, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/8).

Di Indonesia Sarita menjelaskan sejak 2015 Facebook telah bekerja sama dengan delapan mitra edukasi untuk memberikan pelatihan digital marketing kepada 15 ribu pelaku UMKM di lebih dari 20 kota di Indonesia baik secara online maupun offline.

Pelatihan ini telah hadir di Jakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Batam, Bandar Lampung, Samarinda dan lain-lain. Facebook juga menyediakan Facebook Blueprint yang merupakan program materi paket pembelajaran untuk pelaku UMKM. Materi ini akan mengajarkan hal-hal yang harus dilakukan UMKM setiap bulan untuk meningkatkan brand awareness.

“Program seperti Boost Your Business dan #SheMeansBusiness telah menjangkau 15 ribu UMKM. Pelatihan ini bersifat gratis. Ada juga kelas iklan Facebook yang telah memiliki 7 ribu anggota,” kata Sarita.