6 Pelajar Siap Luncurkan Roket Air Di Jepang

120

Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) menampilkan enam pelajar Indonesia. Dalam gelaran tersebut, enam pelajar melombakan karyanya berupa roket air.

Saat persiapan, Pusat Teknologi Roket LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) memberikan waktu selama dua hari dalam pembekalan teknis serta praktik uji peluncuran.

“Para delegasi perlu memperhatikan centre of gravity (CG) dan centre of pressure (CP) pada roket yang dibuat. Penting juga untuk memperhatikan struktur serta pemasangan bagian pada roket air yang dibuat supaya stabil dan dapat menjangkau target,” ujar Soleh Fajar Junjunan, salah satu pemateri.

Dari seleksi 140 pelajar di seluruh Indonesia, enam pelajar ini yang dipilih mengikuti kontes di Jepang dalam Kompetisi Roket Air Nasional yang dihelat pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK) Kemenristekdikti.

Hari pertama pembekalan, merupakan para delegasi yang dilatih untuk membuat roket air secara standar ketentuan kompetisi. Bahkan para peserta sekaligus dibekali tips dan latihan dalam membuat presentasi mengenai roket hasil karyanya.

Beberapa nama-nama enam orang pelajar yang akan mewakili Indonesia untuk ajang KRAI 2019.

1. Ferdian Irwan Prihandoko (MAN 3 Jombang)

2. Harsya Fakhrezy (SMAIT Nurul Fikri Depok)

3. Nuti Nawaty Nur (SMA Darul Hijrah Puteri Banjarbaru)

4. Albert Dani Rahmatullah (SMPN 28 Pontianak)

5. Fernika Dwi Utami (MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga)

6. Zalfa Naila Az Zahra (MTsN 1 Pontianak)