Disney Pecahkan Rekor Box Office 2019

140

Dilansir dari Variety, Disney telah memperoleh senilai 7,67 miliar dollar di box office pada tahun 2019, memecahkan rekor sebelumnya untuk total pendapatan tahunannya, yang juga ditetapkan oleh Disney pada tahun 2016 dengan nilai 7,61 miliar dollar.

Rekor baru ini masih sebagian dari nilainya, karena baru akhir bulan juli ini saja Disney masih memiliki Frozen 2, sekuel Maleficent, dan Star Wars: The Rise of Skywalker yang akan memulai debutnya akhir tahun ini.

Rekor 7,67 miliar yang baru ini mencakup 5,09 miliar yang diperoleh dari pasar luar negeri, sekaligus menjadikannya studio pertama yang telah melampaui angka 5 miliar dollar secara internasional.

Disney telah memiliki tahun yang luar biasa dimengerti untuk franchise ataupun remakenya yang sekarang sedang berlangsung. Hal lainnya adalah, Captain Marvel telah melampaui 1 miliar dollar, dan Avengers: Endgame yang baru-baru ini menjadi film terlaris yang pernah ada, mengalahkan film Avatar besutannya James Cameron.

Terlepas dari beberapa ulasan yang kurang luar biasa, film live-action Aladdin telah meraup lebih dari 1 milliar dollar secara global. Toy Story 4 juga kemungkinan akan meraup lebih dari 1 miliar dollar pada acara teaternya berkat peneriman yang begitu kuat. Semua ini berarti bahwa Disney juga dapat memecahkan rekor untuk rilis film miliaran dollar paling berturut-turut pada tahun 2019.

Tidak mengherankan juga sih, mereka memegang rekor saat ini di empat filmnya. Remake The Lion King berada dijalur untuk memecahkan rekor 1 miliar dollar setelah kemunculannya dua minggu di bioskop, yang saat ini film tersebut sudah meraup 962 juta dollar.

Semua ini datang hanyalah sebagai kejutan kecil, mengingat pawai akuisisi Disney yang sedang berlangsung, yang terakhir adalah Fox. Akuisisi itu berarti bahwa Disney sekarang memiliki setiap franchise superhero yang dimiliki Fox sebelumnya, termasuk X-Men. Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengungkapkan X-Men akan datang ke MCU dalam beberapa bentuk di Comic Con tahun ini.

Menurut Hollywood Reporter, secara keseluruhan, Disney sekarang menyumbang sekitar 45% dari 16 miliar yang diperoleh oleh film di seluruh dunia pada tahun 2019. Lain halnya Warner Bros adalah pesaing terdekat Disney, yang hanya mampu menghasilkan 2 miliar dollar tahun ini sejauh ini.