Nilai Kelulusan CPNS 2019 Diturunkan, Ini Bocoran Tesnya!

117

Berbagai generasi sedang sibuk-sibuknya mengurus untuk daftar calon CPNS. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Thahjo Kumolo mengaku bahwa kementeriannya menurunkan nilai kelulusan dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2019.

“Kita turunkan nilai penerimaan CPNS, terkait pada seleksi pertama ada beberapa daerah yang pesertanya tidak ada yang lolos,” kata Tjahjo usai bertemu Presiden Jokowi.

Tjahjo mantan menteri dalam negeri di era Kabinet Kerja mengaku, sudah menerbitkan SK penyusunan soal seleksi penerimaan CPNS 2019.

“Penyusunan soal dilakukan bukan dari pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara) maupun Kemenpan-RB, tetapi dari beberapa perguruan tinggi, soalnya disimpan bahkan ada kuncinya,” ujar Tjahjo.

Tjahjo menerangkan, jika dalam penyusunan soal CPNS 2019. Pihaknya, memberikan soal-soal terkait tentang bahaya laten, radikalisme, terorisme, dan wawasan kebangsaan.

“Itu baru tahap tes tertulis, lebih detailnya nanti saat di wawancara. Bahkan kami sudah koordinasi dengan BNPT, Mabes Polri, dan MoU (membuat nota kesepahaman) dengan 11 kementerian atau lembaga,” katanya.

Dalam menerima calon CPNS 2019, Thahjo mengingatkan bahwa pemerintah tidak menerima pegawai administrasi. Karena sampai saat ini sudah ada 1.6 juta tenaga administrasi di pemerintahan.

“Sudah ada 1.6 juta, nantinya akan disisir, karena agar bisa memenuhi tenaga guru dan perawat saja tidak cukup tiga tahun. Sekarang justru memasukkan 10 yang pensiun bisa 12, beda dengan sebelumnya, yang pensiun 15, yang dimasukkan 10, yang lima honorer, akhirnya numpuk bahkan tidak mengatasi masalah,” kata Tjahjo.