Microsoft Luncurkan Aplikasi Cortana Untuk Windows 10

144

Microsoft sedang mengubah cara kerja Cortana di Windows 10. Dilain sisi asisten digital mungkin menghilang dari Xbox One, Microsoft sedang menguji UI berbasis obrolan baru untuk Cortana pada Windows 10 PC. Aplikasi beta baru, yang awalnya terlihat bulan lalu itu sekarang tersedia untuk para tester, dan aplikasi itu mendukung teks dan suara.

Aplikasi itu dirancang untuk menjadi lebih banyak berbicara, dan hal itu adalah bagian besar dari fokus baru Microsoft untuk Cortana. Microsoft memisahkan asisten digitalnya dari kolom pencarian Windows 10 built-in, dan berfokus pada pengguna bisnis dalam prosesnya. Di aplikasi Cortana terbarunya ini untuk OS Windows 10 yang mendukung sebagian besar fitur yang ada, termasuk pertanyaan, asisten percakapan, membuka aplikasi, mengelola daftar, dan tools dasar seperti pengaturan pengingat, alarm, dan timer.

 “Belum semua fitur dari Cortana sebelumnya tersedia,” jelas Dona Sarkar, kepala Microsoft Windows Insider. “Sebagai Beta, kami berencana untuk menambahkan lebih banyak fitur dari waktu ke waktu dengan pembaruan ke Cortana dari Microsoft Store.”

Aplikasi Cortana ini tersedia dalam preview Fast Ring terbaru dari Windows 10, build 18945. Dan pada akhirnya aplikasi ini akan memulai debutnya untuk semua pengguna Windows 10 pada paruh pertama tahun 2020. Microsoft juga telah men-tweak Cortana sehingga “Hei, Cortana” tidak akan mengganggu, dan asisten sekarang mendukung tema light dan dark pada Windows 10. Semoga saja kinerjanya juga bisa ditingkatkan secara signifikan berkat model bicara dan bahasa yang terbarunya ini.