Bulu Mata Wanita Jadi Sarang Kutu, Ternyata Penyebabnya ini!

69

Eyelash Extensions atau tanam bulu mata sekarang sudah menjadi tren di kaum wanita. Banyak yang melakukan agar penampilan menjadi perhatian kaum pria.

Alasan karena tanam bulu matanya pendek, tidak lentik, atau terlalu tipis. Namun, sebagian wanita tidak memahami cara merawat bulu mata yang benar. Beberapa orang mungkin tidak ingin bulu matanya rontok jika dibersihkan.

Membersihkan itu sangat penting, karena kurangnya kesadaran orang-orang akan menyebabkan penumpukan bakteri yang bisa mengakibatkan perkembang biakan kutu.  Bahkan ini semua tidak di pahami oleh para orang-orang yang melakukan tanam bulu mata.

Mengutip laman mirror.co.uk, kutu bulu mata disebut demodex, yaitu sejenis kutu hidup dikelenjar minyak foliker rambut manusia. Biasa orang yang memiliki kutu, akan merasakan gatal peradangan dan kemerahan.

Ekstensi bulu mata tengah sekarang menjadi perawatan terpopuler, banyak yang salon-salon menawarkan maupun klinik. Mereka menawarkan penanaman bulu mata semi permanen untuk terlihat lebih panjang.

Menggunakan lem dan diikat ke bulu mata asli, itulah proses yang dilakukan dalam pemasangan bulu mata. Proses ekstensi bulu mata biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam, agar bulu mata bisa bertahan sekitar 6 minggu.

Dokter Sairah Malik mengatakan, bahwa banyak orang enggan membersihkan ekstensi bulu mata karena takut akan terjadi sesuatu seperti kerontokan. Sehingga, dirinya menjelaskan cara untuk membersihkan bulu mata palsu dengan aman.

“Kami merekomendasikan membersihkan ekstensi bulu mata dengan minyak pohon teh yang memiliki sifat antibakteri dan penyembuhan. Orang bisa menggunakan minyak pohon teh untuk membersihkan ekstensi bulu mata setiap hari,” kata Sairah Malik.

Ahli bedah asal Florida, dr Parbhu pun menceritakan kasus salah satu pasiennya bernama Ashley yang mengalami mata bengkak setelah melakukan ekstensi bulu mata di salah satu salon.

Ashley mengungkapkan bahwa ekstensi bulu matanya penuh dengan demodex atau kutu bulu mata yang membuat matanya bengkak.