Bekerja 10 Jam Lebih per Hari? Waspadai Risiko Stroke

113

Kamu termasuk orang yang sering menghabiskan waktu bekerja lebih dari 10 jam sehari tanpa istirahat?. Hal ini patut waspadai.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang bekerja selama 10 jam lebih setiap hari dalam 1 dekade atau 10 tahun, 45 persen memiliki risiko mengalami stroke. Sedangkan orang yang yang bekerja berjam-jam memiliki risiko stroke 29 persen.

Dr Alexis Descatha, yang memimpin penelitian itu menambahkan: “Hubungan antara 10 tahun jam kerja yang panjang dan stroke tampaknya lebih kuat untuk orang di bawah usia 50 tahun. Ini tidak terduga. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi temuan ini.

Penelitian di Universitas ANgers dan Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Perancis melihat penyebab lain dari stroke yaitu merokok. Melihat dari usia dan jam kerja dari studi populasi lebih dari 143.000 orang dewasa.

Secara keseluruhan, 1.224 mengalami stroke dibawah sepertiga jam kerja panjang dengan 10 persen jam kerja panjang selama 10 tahun atau lebih.

Asosiasi Stroke Inggris mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan, untuk menangkal dampak bekerja lebih dari 10 jam yaitu dengan berolahraga dan makan dengan baik. Dengan berolahraga, mampu membakar lemak dan kalori, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah akibat lemak jenuh.

Selain itu perlu untuk memantau tekanan darah, cek kolestrol, menghindari rokok, narkoba,alkohol, dan melakukan konsultasi dengan dokter lebih lanjut.