Batal Tutup, Pulau Komodo Jadi Wisata Eksklusif, Namun Harga Tiket 14 Juta!

134

Memang tahun lalu terdengar kabar Pulau Komodo akan tutup, karena banyaknya turisme berbondong-bondong memadati pulau tersebut. Bukan itu saja, isu lain berdatangan seperti membludaknya pemburu komodo di pulai tersebut. Justru pendapat lain menyerang, jika banyak pemburu tingkatkan proteksi bukan mengubur rezeki yang datang.

Namun pemerintah pusat menepis isu tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menjelaskan bahwa isu tersebut tidaklah valid, lantas bagaimana wisata Pulau Komodo selanjutnya.

Pulau Komodo tidak ditutup, akan tetapi dijadikan wisata eksklusif. Jadi hanya tertentu yang dapat mengaksesnya.

Komodo via www.timetravelturtle.com

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bahwa Pulau Komodo tidak ditutup, melainkan hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya. Justru pulai ini nantinya akan menjadi wisata eksklusif, wisata eksklusif berarti pulai ini hanya boleh dikunjungi orang tertentu, bukan untuk sekarang siapa saja boleh mengunjungi. Bahkan pengelolahnya akan diserahkan kepada Lembaga Profesional dan dapat membenahi pulau tersebut.

Untuk berkunjung ke Pulau Komodo, nantinya pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 14 juta, sudah menjadi membership premium

Komodo via www.123rf.com

Membership ini berlaku setahun yang bersifat premium, kedepannya dengan konsep seperti ini, memungkinan harga tiket ke Pulau Komodo akan melonjak secara drastis. Sehingga yang dapat mengakses hanya orang tertentu, seperti itulah wisata eksklusif.