Bahaya! Kalau Ketemu Jamur Ini Jangan Disentuh Apalagi Dimakan

118

Salah satu jamur paling mematikan di dunia telah diidentifikasi tumbuh di Australia

Namanya adalah Poison Fire Coral atau dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia Karang Api Beracun. Jamur yang sebelumnya dianggap asli Jepang dan Korea ini berwarna merah.

Kehadirannya di daerah tropis, Queensland dan beberapa tempat lain di Asia memperbesar kemungkinan habitat jamur berbahaya ini, kata para peneliti.

Jika dimakan, jamur dapat menyebabkan kegagalan organ dan kerusakan otak.

Dalam beberapa kasus kematian yang tercatat di Jepang dan Korea Selatan, orang-orang telah membuat teh dengan menyeduh jamur ini karena salah mengira jamur ini dengan jamur yang dapat dimakan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Bahkan menyentuh jamur ini dapat menyebabkan inflamasi dan dermatitis, kata para peneliti dari James Cook University (JCU).

“Dari ratusan lebih jenis jamur beracun yang diketahui para peneliti, Poison Fire Coral adalah satu-satunya di mana racun dapat diserap melalui kulit”, kata Dr Matt Barrett.

Dia mengidentifikasi keberadaannya melalui foto yang diambil oleh seorang fotografer alam lokal di hutan dekat kota Cairns.

Tetapi penampakan jamur ini juga telah dilaporkan di Cina, Thailand dan Papua Nugini, kata Dr Barrett. Dia menduga angin telah menyebarkan spora Poison Fire Coral ribuan tahun yang lalu.

“Di Australia, kami tidak memiliki kelompok pemburu jamur… Jadi hal ini baru saja diketahui”, katanya kepada BBC.

Dia mengatakan bahwa jamur itu termasuk di antara lebih dari 20 spesies yang sebelumnya tidak diketahui di Australia dalam enam bulan terakhir.