Awal Mula Disney dan Siapa Saja Pesaingnya?

127

The Walt Disney Company atau lebih dikenal dengan nama Disney adalah perusahaan konglomerat di bidang hiburan dan media terbesar di dunia. Didirikan pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Pusatnya terletak di Burbank, California.

Disney dan Properti Media

Walt Disney Company (DIS) telah membangun sebuah kerajaan yang beraneka ragam sejak permulaannya pada tahun 1920-an, menciptakan sejumlah produk besar yang menguntungkan di sejumlah pasar.

Sebagai konglomerat media massa terbesar di dunia, Disney terkenal karena produksi film dan TV serta taman hiburannya. Di unit televisinya mengendalikan jaringan televisi ABC, dengan delapan stasiun penyiaran yang dimiliki dan dioperasikan dan lebih dari 230 afiliasi, serta sejumlah jaringan kabel, termasuk Freeform, Disney Channel, dan ESPN.

Walt Disney Pictures, Disney Animation, dan Pixar memproduksi film untuk Walt Disney Studios, dan Disney juga memiliki Marvel Entertainment dan Lucasfilm, dan telah menjadi salah satu sapi perah bagi mereka di pasar film dan barang dagangan. Hal ini juga memiliki kehadiran di industri travel, dengan Disney Cruise dan taman hiburan, Walt Disney World dan Disneyland, yang tetap sangat populer selama beberapa dekade dan sekarang termasuk taman pelancong di seluruh dunia.

Kompetitor Disney

Disney menghadapi sejumlah persaingan di berbagai pasarnya.

1. Viacom (VIA)

2. Time Warner (TWC)

3. 21st Century Fox (FOX)

4. Sony (SNE)

5. CBS (CBS)

6. Comcast (CMCSA)

Daftar diatas menjadi pesaing utama disney. Perusahaan-perusahaan ini bersaing dengan produk-produk Disney terutama melalui TV, kabel dan pasar media lainnya seperti DVD / Blue-ray, video game dan internet. Pertumbuhan distributor jaringan pemrograman video multichannel dan jaringan kabel telah meningkatkan tekanan kompetitif bagi Disney. Kontrak dinegosiasikan ulang pada titik-titik tertentu di pasar-pasar ini, dan meningkatnya persaingan membuat Disney semakin kesulitan untuk memperbarui kontrak dengan kondisi menguntungkan seperti yang terjadi di masa lalu.

Disney juga bersaing di pasar olahraga yang kuat dan menguntungkan. Hal ini telah dilakukan dengan sangat baik dengan saluran olahraga ESPN, yang menyediakan 24% dari total pendapatannya. Ini sebagian disebabkan oleh popularitas saluran olahraga, tetapi juga paket program bundling.

Di pasar taman bermain, saingan utama Disney termasuk Six Flags Entertainment (SIX), Cedar Fair (FUN), Universal Studios dan Comcast. Kompetisi ini telah meningkat belakangan ini, terutama karena Universal menguangkan popularitas buku-buku dan film-film Harry Potter. Universal Orlando telah membuka lahan bertema Harry Potter di Orlando dan Hollywood, yang telah meningkatkan jumlah pengunjung.

Dominasi Hiburan

Bisnis hiburan studio Disney terus berinovasi, dan keuntungan sering menunjukkan hal ini. Disney menghasilkan serangkaian produk konsumen dengan keterlibatan dalam perizinan, penerbitan dan ritel, dan karenanya bersaing dengan vendor lain di bidang ini. Namun, menurut Market Realist, Disney percaya bahwa itu adalah pemberi lisensi terbesar untuk barang dagangan berbasis karakter di seluruh dunia.

Baru-baru ini, Disney dan Fox menjadi berita utama ketika terungkap bahwa Disney telah bernegosiasi dengan 21st Century Fox untuk mengakuisisi beberapa aset Fox, terutama studio film dan layanan streaming Hulu, dalam rangka menciptakan pesaing untuk Netflix. Pada 20 Maret 2019, Disney secara resmi mengakuisisi semua aset media 21st Century Fox dengan nilai $ 71,3 miliar, menjadikan Disney sebagai pembangkit tenaga media terbesar di planet ini.

Menurut laporan triwulanan 4Q 2018, Disney menunjukkan peningkatan pendapatan sebesar 50% dari tahun ke tahun. Disney mengatakan pertumbuhan didorong oleh “kinerja luar biasa” dari “Black Panther,” “Star Wars: The Last Jedi,” “Avengers: Infinity War” dan “Incredibles 2. Sementara keuntungan Disney berfluktuasi, sebagian karena musiman dan waktu rilis, itu tetap kehadiran besar-besaran di beberapa industri dan satu yang kebanyakan orang mengidentifikasi ketika mereka memikirkan film animasi dan taman hiburan.