Apa itu Spoiler Film? Salahkah? Bagaimana Sebaiknya?

175

Belakangan ini netizen sedang ramai-ramainya secara serentak menyuarakan kepada siapapun lewat kanal-kanal sosial media seperti instagram, fb, twitter, agar tidak melakukan kegiatan spoiling.

Apa sebenarnya spoil itu ? Mari kita tanyakan kepada kamus dari kamus kita, wikipedia. Wikipedia memberi terjemahan Spoiler dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ‘Beberan’.

Dalam media dan Internet, beberan (bahasa Inggris: Spoiler) adalah tulisan atau keterangan mengenai suatu cerita, yang membeberkan jalan cerita tersebut. Membaca beberan dari suatu cerita dapat menyebabkan berkurangnya kesenangan membaca cerita itu, karena kesenangan membaca sebuah cerita biasanya tergantung kepada dramatisasi atau ketegangan yang ditimbulkan oleh cerita tersebut.

Biasanya dalam media massa maupun Internet, beberan disembunyikan dengan cara tertentu, sehingga hanya terbaca oleh yang ingin melihat beberan tersebut. Singkatnya, ‘Spoiler’ alias ‘beberan’ adalah, bocoran, atau contekan, baik itu film, cerita, drama, sinetron, konser, dsb.

Salahkah nge-Spoil itu ? Hmmm, jika ditanya reaksi para netizen pasti berbeda-beda, tapi yang pasti sebagian besar ga suka di-spoil (atau diberi bocoran), eitsss tapi tunggu dulu, netizen biasanya pilih-pilih bulu juga sebenarnya, coba yang di-spoil adalah film drama India yang hanya populer di kalangan ibu-ibu ? Atau bagaimana (uda bukan rahasia lagi nih) kalau yang di spoil adalah film Indonesia ? Apakah netizen juga sama ga sukanya ? Belum tentu.

Jadi sebenarnya apa ukurannya menentukan mana yang bisa di spoil dan mana yang tidak bisa ? Saran mimin, baiknya memang terlepas dari film itu film Box Office atau Box Campus (lohhh) spoiler itu sebisa mungkin tidak usah diumbar ya rekan sekalian. Karena kita tidak tahu bagaimana reaksi orang nantinya. Diberitakan akhir-akhir ini oleh karena nge-spoil film Marvel:End Game, seseorang dipukul di luar teater loh, berikut beritanya :
Pria Dipukul di Bioskop Karena Spoiler Avengers Endgame

Jadi baiknya ? Buat yang sudah nonton atau sudah baca sebuah cerita atau film apalagi film itu laris sekali, dan masih baru-baru terbit, sebaiknya kita memang menahan diri untuk tidak memberi beberan alias bocoran alias spoilernya ya rekan-rekan. Sama halnya ketika kita Ujian sudah dikasih bocoran alias contekan, rasanya ujiannya ‘unfaedah’ kan ? Loh kok kita jadi omongin UAN ya ? Buat yang mau UAN semangat ya, dan yang uda selesai UAN bolehlah santai sejenak sambil nonton film seru seperti Marvel : Endgame yang lagi hype sekarang 😀 Cussss yuuukkk

Bagaimana tanggapan kamu tentang spoiler ?