Anti Tua! Keriput, Penyebab dan Pencegahannya

114

Keriput adalah garis dan lipatan yang terbentuk di kulit kamu.

Bagian kulit yang akan paling kelihatan keriput adalah bagian yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan, dan lengan bagian bawah.

Agar kamu memiliki kulit tanpa keriput, ada baiknya kamu memiliki pengetahuan tentang penyebab dan pencegahan kulit keriput.

Penyebab Keriput

Umur

Semakin tua, kulitmu secara natural akan menjadi semakin tidak elastis. Berkurangnya produksi minyak oleh kulitmu akan membuat kulit mulai keriput.

Lemak di lapisan paling dalam kulit juga akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan kulit semakin longgar dan munculnya garis-garis keriput.

Paparan sinar ultraviolet

Radiasi ultraviolet adalah penyebab utama munculnya keriput dini. Sinar ultraviolet merusak jaringan kulit kamu yang terletak dilapisan kulit yang lebih dalam (serat kolagen dan elastin).

Merokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan pada kulit kamu yang berkontribusi pada keriput. Ini dikarenakan berkurangnya pasokan darah ke kulit kamu.

Ekspresi wajah berulang

Gerakan atau ekspresi wajah, seperti menyipit atau tersenyum lama kelamaan akan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Garis-garis yang tercipta ini kemudian akan menjadi kerutan permanen di wajah kamu.

Pencegahan

Lindungi kulit kamu dari sinar matahari

Lindungi kulit kamu dan cegah keriput yang akan muncul dengan membatasi waktu yang kamu habiskan di bawah sinar matahari dan jangan lupa untuk selalu mengenakan pakaian yang melindungi kulit kamu, seperti topi yang lebar, kemeja lengan panjang, dan kacamata hitam.

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya yang memiliki spektrum yang luas dengan SPF 30 atau lebih.

Fyi,
SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu kamu sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit kamu dari sengatan matahari.

Angka SPF adalah penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Jadi, jika biasanya kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit kamu mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan kamu menggunakan SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu kamu hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar, atau 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam.

Jika kulit kamu biasanya terbakar matahari dalam 10 menit jika tidak pakai krim pelindung, dan kamu menggunakan SPF 30, maka krim ini akan melindungi kamu dari paparan matahari selama 300 menit.

Gunakan produk dengan tabir surya bawaan

Saat memilih produk perawatan kulit, pilih produk dengan tabir surya yang memiliki spektrum yang luas yang berarti produk tersebut akan menghalangi sinar UVA dan UVB.

Fyi,
UVA memiliki panjang gelombang (380–315 nm), biasa disebut “Gelombang Panjang” (blacklight).
UVB memiliki panjang gelombang (315–280 nm), biasa disebut “Gelombang Medium” (Medium Wave).

Gunakan pelembab

Meskipun pelembab tidak bisa mencegah keriput, tapi mereka dapat menutupi garis-garis kecil dan lipatan untuk sementara waktu.

Jangan merokok

Walaupun kamu sudah merokok bertahun-tahun atau merokok berat, kamu masih bisa memperbaiki warna dan tekstur kulit kamu dan mencegah keriput di masa mendatang dengan berhenti merokok.

Makan makanan yang sehat

Ada beberapa bukti bahwa vitamin tertentu dalam makanan kamu membantu melindungi kulit kamu.

Tapi dibutuhkan lebih banyak studi tentang peran vitamin dan nutrisi ini dalam pencegahan keriput, tetapi ada baiknya untuk makan banyak buah dan sayuran sebagai langkah pencegahan.

Kalau ada yang kurang, kamu bisa komen di bawah ya, guys! Berbagi itu indah.