Anti Solar Panel, Sumber Energi Terbarukan Malam Hari

135

Kamu pasti uda pada tahu dong soal solar panel?

Dari kata yang membangunnya kamu langsung sadar bahwa solar panel adalah panel yang memanfaatkan matahari (solar) sebagai sumber dayanya.

Lalu bagaimana dengan anti solar panel?

Anti solar panel merupakan inverse atau kebalikan dari solar panel. Kalau solar panel menggunakan beda panas matahari dan bumi, maka anti solar panel memanfaatkan perbedaan panas antara kesejukan atmosfer malam bumi dengan bumi sebagai sisi yang lebih panas.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Joule.

Jumlah daya yang datang dari Matahari seharusnya kira-kira sama dengan jumlah yang keluar dari Bumi sebagai radiasi termal, untuk menjaga Bumi pada suhu yang konstan konstan. Jumlah daya yang tersedia sangat besar.

Shanhui Fan, Stanford electrical engineering professor

Perangkat ini memiliki potensi untuk menjembatani gap yang ditinggalkan oleh solar panel yang hanya bisa menghasilkan energi jika ada sinar matahari.

Kami menggunakan mekanisme pendinginan pasif yang dikenal sebagai “radiative sky cooling” untuk menjaga sisi dingin generator termoelektrik beberapa derajat di bawah suhu sekelilingnya.

Udara di sekitarnya memanaskan sisi hangat generator termoelektrik, dengan perbedaan suhu berikutnya diubah menjadi listrik yang dapat digunakan. Kami menyoroti jalur untuk meningkatkan kinerja dari 25 mW / m2 yang ditunjukkan menjadi 0,5 W / m2.

Akhirnya, kami menunjukkan bahwa bahkan dengan demonstrasi implementasi berbiaya rendah, daya yang dihasilkan cukup untuk menyalakan LED: menghasilkan cahaya dari kegelapan.

Researchers of Stanford electrical engineering

Para peneliti hanya menguji sistem mereka dengan prototipe yang sangat kecil. Perangkat itu berupa piringan aluminium 20-sentimeter (8-inci) yang dicat hitam dan dihubungkan ke generator termoelektrik komersial.

Credit: Aaswath Raman

Ini berhasil menciptakan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu LED kecil – kesuksesan kecil dengan potensi besar tak terukur.

Bahkan dimungkinkan bahwa perangkat dapat bertindak terbalik pada siang hari, menyerap sinar matahari dan menghasilkan listrik dari panas yang berpindah dari matahari ke cakram dan ke lingkungan luar.

Meskipun saat ini perangkat tersebut belum mendekati kemampuan dari solar panel, tetapi para peneliti telah merencanakan perbaikan pada sistem perangkat tersebut.

Credit: Aaswath Raman

Begitu mereka mampu memperbaiki sistem untuk menghasilkan energi mendekati solar panel standar, maka dapat dipastikan akan sepenuhnya mengubah sektor energi terbarukan.

Lebih murah untuk dibuat dan dapat menyediakan cara untuk menghasilkan listrik yang tidak mampu dilakukan oleh solar panel.