Anies Baswedan Akan Copot Jabatan Jika Bekerja Asal Jadi

96

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan jika jajaranya bekerja asal jadi tanpa memikirkan visi dan misi, akan langsung dicopot jabatanya.

Pernyata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pembahasan rancangan KUA-PPAS 2020. Menegaskan bahwa dirinya bersungguh-sungguh akan memperhatikan jajarannya.

Anies Baswedan akan langsung mencopot jabatan jajarannya, jika bekerja dengan asal jadi tanpa memikirkan visinya.

Anies mengatakan cara kerja seperti itu sebagai “do it the lazy way”.

Mengutip dari kompas.com, Kaitannya dengan penyusunan anggaran, Anies ingin agar jajarannya bisa seirama dengan visi yang ia bangun, yakni berkeadilan.

Ia menyoroti paradigma penyusunan anggaran yang “asal ada”.

“Membuat anggaran juga begitu (asal jadi). Tujuannya keadilan, lupakan dulu, yang penting ada anggaran. Nanti pas anggarannya dilihat, baru kaget-kaget Bapak dan Ibu sekalian,” ucap Anies sebelum membedah beberapa pos anggaran belanja dalam rancangan KUA-PPAS 2020 yang tidak masuk akal.

Anies menjelaskan, setiap pos anggaran yang direncanakan mesti diawali dengan pertanyaan, “siapa mendapat apa, mengapa, kapan, di mana, dan sebesar apa?” guna menerjemahkan visi berkeadilan yang ia tetapkan.

“Semua anggaran, Bapak dan Ibu harus bisa jelaskan, ini manfaat untuk publiknya apa, siapa dapat apa harus bisa jelaskan,” ujar dia.

Anies mengaku datang sebagai gubernur yang mengemban mandat mewujudkan keadilan sosial. Jajarannya mesti bantu mewujudkan lewat bekal pengalaman.

Namun, kerapkali visi tersebut tenggelam karena perencanaan anggaran asal jadi, mengikuti tahun sebelumnya.

Apabila itu terjadi, Anies tak segan mencopot.

“Kalau malas dan asal jadi, saya terpaksa harus mengeluarkan dari barisan. Kenapa, karena barisannya yang harus kerja betulan. Kita kerjakan sama-sama. Kalau ada yang tidak mau ikut mandat ini, jangan berada di barisan ini,” Anies mengungkapkan.

“Ini banyak anggaran-anggaran yang sudah harus dilakukan penyesuaian, pemotongan, karena tidak sinkron antara keinginan kita dan rencana,” imbuhnya.