Amerika Negara Penghasil Sampah Terbanyak Didunia

107

Dunia ini menghasilkan lebih dari dua miliar ton limbah padat kota setiap tahunnya, jika disamakan bisa mengisi lebih dari 800 ribu kolam renang berukuran Olimpiade. Pelanggar terburuknya adalah AS, karena orang amerika menghasilkan rata-rata tiga kali limbah global, termasuk plastik dan makanan. Dalam hal daur ulang, amerika juga tertinggal dari negara lain, ia hanya menggunakan limbahnya kembali 35% limbah padat.

Jerman adalah negara yang paling efisien, ia bisa mendaur ulang 68% material. Studi ini telah disusun oleh Verisk Maplecroft, sebuah perusahaan riset yang berspesialisasi dalam bidang resiko global. Mereka juga telah mengembangkan dua index baru, tentang limbah sampah dan daur ulang.

Mereka telah menggunakan data yang tersedia untuk umum, sekaligus penelitian akademis untuk mengembangkan gambaran global tentang bagaimana negara-negara mengatasi limbah sampah, terutama adalah limbah plastik. Index limbah sampah menunjukan tingkat per kapita dari limbah padat kota, plastik, makanan, dan baha-bahan berbahaya lainnya.

Sementara bumi ini menghasilkan 2,1 miliar ton sampah setiap tahun, hanya 16% yang didaur ulang sedangkan 46% dibuang secara tidak berkelanjutan. Dalam analisisnya, Cina dan India merupakan 36% dari populasi global dan merupakan 27% dari limbah sampah. Negara-negara Eropa lainnya, termasuk Belanda, Swiss, Prancis dan Jerman, masuk dalam daftar. Inggris menempati urutan ke 14 dalam indeks limbah menghasilkan 482kg limbah rumah tangga per orang setiap tahun.

AS adalah satu-satunya negara maju dengan penghasil limbah yang melampaui kemampuannya untuk mendaur ulang. Dalam hal ini, kita sebagai manusia harus lebih sadar lagi terhadap kebersihan dilingkungan sekitarnya, minimalkan penggunaan bahan plastik tentunya

So, sobat berseru mari jaga kebersihan lingkungan kita agar tidak menjadi negara penghasil limbah sampah seperti AS yang tadi disebutkan.