7 Manfaat Tidur Siang tapi Disepelekan

72

Salah satu kegiatan paling didambakan oleh setiap orang pada siang hari adalah tidur siang. Bagi kamu yang sudah bekerja pasti sepakat kalau ada yang mengkategorikan tidur siang sebagai sesuatu yang “mewah”

Sesuatu yang mewah ini ternyata memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak kita sadari

1. Meningkatkan memori

Tidur siang menyegarkan (refresh) kembali otak kamu yang penat sehingga kemapmpuan memanggil memori oleh orang yang tidur siang jadi lebih baik

2. Baik untuk jantung

Menurut studi pada 23.000 orang Yunani dewasa, mereka yang tidur siang memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung lebih kecil, yakni 30 persen.

Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute mengatakan, pada The Washington Post, tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan kehidupan sehari-hari.

3. Menurunkan tekanan darah

Sekadar memikirkan tidur siang saja pun sudah membawa manfaat bagi tubuh kamu. Sebuah studi dari Inggris menemukan tekanan darah peserta turun sebelum mereka tertidur.

Hanya berpikir untuk tidur siang sudah cukup membawa manfaat bagi tubuh.bKetika tidur, tekanan darah sistolik turun rata-rata 3mmHg.

4. Memulihkan kewaspadaan

Nasa melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa astronot yang tidur siang selama 40 menit memiliki tingkat ekwaspadaan 2 kali lebih baik

5. Membantu rileks

Di banyak negara, kebanyakan bisnis akan tutup pada tengah hari. Hal ini memungkinkan orang yang bekerja untuk tidur siang sebelum melanjutkan pekerjaannya kembali

6. Mengurangi kelelahan

Tak dapat dipungkiri tidur siang akan mengembalikan sebagian dari stamina kamu. Hal ini terbukti ketika penelitian dilakukan kepada penjaga lalu lintas udara yang tidur selama 40 menit akan lebih memiliki tenaga untuk berkonsentrasi menjaga lalu lintas udara

7. Memperbaiki mood

Tidur siang dapat memperbaiki mood. Tapi jika tidak bisa tidur siang, dengan berbaring selama 10 menit ternyata membawa manfaat mengejutkan.

Studi pada 2007 menunjukkan hanya dengan berbaring, mood Anda akan meningkat daripada mereka yang tidak sempat tidur siang.

Tidur siang bagus, tapi jangan kelamaan ya!