6 Manfaat Wortel yang Tidak Kamu Ketahui

104

Wortel gak cuman sekedar baik untuk penglihatan. Bahkan, wortel adalah salah satu camilan paling sehat untuk kamu miliki. Dengan rasa manis yang dimilikinya, wortel dapat menenangkan hasrat kamu untuk tidak konsumsi junk food. Wortel juga tinggi akan vitamin, anti-oksidan dan serat yang dapat mengurangi risiko terkena kanker, penyakit janttung, dan diabetes tipe 2.

Berikut 6 manfaat wortel jika konsumsinya tiap hari:

Beta Karoten

Wortel adalah sumber yang kaya akan beta karoten, anti-oksidan yang kuat yang menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh, beta karoten dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit. Studi menunjukan bahwa beta karoten juga melindungi paru-paru terhadap racun yang menyebabkan kanker paru-paru.

Pencernaan

Tubuh membutuhkan mineral esensial, vitamin, serat dan enzim tertentu untuk memperkuat proses pencernaan dan wortel memiliki semuanya itu. Wortel memiliki jumlah serat larut dan tidak larut yang sama, yang dapat membantu mendorong makanan melalui sistem pencernaan. Beta karoten dikonversi menjadi vitamin A, yang meningkatkan kesehatan limfositmu. Limfosit adalah sel yang melawan patogen yang ditularkan melalui makanan.

Unsur Alkali

Makan terlalu banyak makanan pembentuk asam dapat memiliki efek kesehatan yang negatif, tetapi makan wortel dapat membantu mengembalikan tubuh ke tingkat pH yang menguntungkan. Sementara tubuh membutuhkan makanan asam dan alkali, tubuh membutuhkan lebih dari yang terakhir sementara diet modern kita cenderung mengandung terlalu banyak dari yang sebelumnya. Targetkan sekitar 80% dari asupan makanan harianmu untuk menjadi makanan yang bersifat alkali seperti wortel dan sayuran akar lainnya.

Kalium

Kalium bekerja sama dengan natrium untuk menyeimbangkan kadar cairan, yang berkontribusi terhadap kesehatan ginjal kamu dan mengurangi tekanan darah tinggi. Sayangnya, kita cenderung mendapatkan lebih banyak natrium daripada yang kita butuhkan karena dikemas ke dalam semua jenis makanan olahan pada tingkat yang luar biasa. Wortel dapat membantu menyeimbangkan keseimbangan kembali untuk meredakan ketegangan pada ginjal dan seluruh sistem peredaran darah.

Kesehatan Gigi

Wortel dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu dalam beberapa cara. Pertama, hanya mengunyah wortel yang renyah bisa menghilangkan sisa-sisa plak. Makan wortel juga merangsang produksi air liur, yang membantu menjaga bakteri di mulut Anda tetap terkontrol. Kapasitas alkalisasinya dapat menyeimbangkan pH di mulut Anda juga.

Mata, Rambut, Kuku, dan Kulit

Manfaat gizi wortel yang seimbang baik untuk seluruh tubuh, termasuk rambut, kuku, kulit, dan mata. Fitonutrien memberikan beberapa bahan yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel baru. Ini adalah proses yang terjadi setiap saat, tetapi ketika Anda memiliki kekurangan nutrisi, sel-sel baru tidak sesehat mungkin dan memiliki masa hidup yang lebih pendek. Sel-sel muda yang sehat menghasilkan mata yang jernih, kulit bercahaya, dan kuku yang kuat.