6 Fakta Menarik Kemerdekaan RI

147

Kamu pasti uda tau sejarah kemerdekaan Indonesia, ntah itu lewat buku atau pelajaran di sekolah. Tapi mungkin kamu belum tau fakta-fakta menarik di bawah ini :

1. Soekarno Pipis Dari Lubang di Pesawat

Tanggal 13 Agustus 1945, Soekarno pulang dari Dalat, Vietnam . Beliau menumpang pesawat fighter bomber bersama Bung Hatta, dr. Radjiman Wedyodiningrat, dan dr. Soeharto tetapi tidak ada toilet di dalam pesawat itu.

Karena uda kebelet, Soekarno buang air kecil di lubang-lubang bekas peluru (jadi pesawat itu banyak lubang bekas peluru, guys!). Kebayang kan kondisinya :))

2. Soekarno sakit sebelum pembacaan Proklamasi Kemerdekaan

2 jam sebelum pembacaan teks Proklamasi, ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Beliau terkena gejala malaria tertiana.

Meskipun suhu badannya tinggi, ia tetap begadang bersama sahabatnya untuk menyusun naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Waktu itu juga bulan puasa.

Jam 9 pagi, beliau bangun dan memakai pakaian putih-putih dan bertemu Bung Hatta. Akhirnya jam 10.00, mereka memproklamasikan kemerdekaan kita.

3. Bendera dari seprai

Tau ga kalau bendera pertama Republik Indonesia dibuat dari seprai bekas?

Warna putih dari sprei tidur dan warna merah diambil dari kain milik tukang soto (konon ceritanya begitu, guys!)

4. Upacara Proklamasi Kemerdekaan dibuat sangat sederhana

Berbeda dengan upacara jaman sekarang, saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung sangat sederhana. Tanpa protokol, tanpa paduan suara, dan tanpa konduktor.

Tiang bendera terbuat dari batang bambu dan di pasang hanya beberapa saat sebelum upacara dilakukan. Katrol tiang bendera juga terbuat dari gelas sahur Bung Hatta (yang ini bener2 kreatif ya!)

5. Akbar Tanjung jadi Menteri Pertama Orang Indonesia Asli

Nah, berhubung Indonesia merdeka tahun 1945, artinya orang-orang yang menjabar saat itu adalah orang-orang yang lahir sebelum 1945. Akbar Tanjung menjadi menteri pertama “orang Indonesia asli”, karena sebelum itu Republik Indonesia belum ada

6. Perintah pertama Presiden Soekarno Sate Ayam Lima Puluh Tusuk!

Konon katanya, setelah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Soekarno sangat lapar. Dia memanggil tukang sate yang lewat, ” Sate ayam lima puluh tusuk! ” perintahnya.