5 Miliar Buat Pawang yang Bisa Turunkan Hujan 3 Hari

119

“Ini benaran, kalau ada yang bisa (turunkan hujan 3 hari -red), saya bayar 5 Milyar”, tantang Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Tengah.

Kebakaran hutan di Kalimantan tengah akibat kekeringan dan juga akibat ulah beberapa pihak yang sengaja membakar hutan (total 30an orang ditangkap polisi) sudah dalam tahap yang mulai menghawatirkan. Peringatan wajib menggunakan masker akibat asap, terutama bagi warga yang kegiatannya banyak di luar ruangan, pun dikeluarkan oleh Dinas setempat.

Pemadaman kebakaran dengan helikopter

Hujan 3 hari seperti yang dimaksud oleh Gubernur diharapkan dapat mengurangi dengan signifikan efek asap yang sudah mengganggu kegiatan masyarakat. Tim berseru yang ketepatan sedang di Palangkaraya mendapati pencemaran udara memang sudah dalam kadar yang mengganggu pernafasan, jika tidak menggunakan masker akan terasa sesak akibat udara yang dihirup sudah berbau asap.

Titik asap juga didapati oleh tim berseru sudah mendekat ke area vital seperti Bandar Udara Tjilik Riwut. Beruntung jarak pandang masih tergolong aman untuk melakukan kegiatan pendaratan dan lepas landas sehingga belum ada penerbangan yang terganggu hingga saat ini.

Titik Asap di area pendaratan Tjilik Riwut

Semoga pemerintah dapat tetap berupaya maksimal memadamkan api dan melakukan tindakan pencegahan maksimal, dan semoga kemarau berkepanjangan ini dapat berakhir dan digantikan oleh hujan agar semua warga dapat beraktifitas dengan normal seperti sedia kala.