5 Cara Mengatasi Google Chrome Yang Lambat Menjadi Cepat

125

Google Chrome adalah salah satu web browser paling banyak digunakan oleh masyarakat. Pasalnya chrome menduduk peringkat pertama menguasai 31% menurut travel advisor pada July 2019 kemudian sisanya seperti Safari 9% dan UC Browser 4% posisi ketiga.

Hal tersebut, menjadi alasan tersendiri oleh pengguna Google Chrome, bahwa browser ini memang nyaman dan mudah digunakan dibandingkan browser lainnya.

Namun, setiap program pasti mempunyai masalah, seperti kadang bug, atau sering muncul not responding saat digunakan, sehingga akan menganggu kenyamanan pengguna.

Tak sampai disitu, kadang-kadang browser ini jugfa mengalami masalah kecepatannya yang kadang-kadang melambat. Mungkin hal ini terjadi, karena banyak aplikasi, masalah tersebut bisa diatasi dengan cara seperti ini.

Dilansir dari Gamebrott, Inilah langkah untung mengatasi Google Chrome yang error atau lambat.

1.Tutup Tabs Yang Sudah Tidak Digunakan

Mungkin banyak dari kalian yang menyepelekan hal ini, namun ternyata ini sangat berpengaruh loh, membuka suatu halaman website pada sebuah internet membutuhkan memory agar bisa ditampilkan, oleh karena itu semakin banyak kalian membuka halaman web pada tab baru, tentu akan membuat aplikasi web browsermu semakin banyak bekerja, untuk membuktikan hal tersebut, kalian bisa membukanya melalui Task manager dimana disitu akan ditampilkan seberapa banyak memory yang digunakan dalam Google Chrome.

Dengan menutub tab halaman yang sudah digunakan tentu saja akan mengurangi beban kerja pada Google Chrome kamu, dengan begitu tentu saja akan menjadikanya lebih mudah dalam meproses perintah kamu dengan lebih cepat dan maksimal dalam mengakses web yang ingin kamu buka.

2. Hapus Ektensi Yang Tidak Penting

Tak hanya menutup tab yang sudah tidak digunakan lagi, menghapus ekstensi yang tak penting juga bisa mempercepat kinerja Google Chrome kamu untuk memproses yang kamu butuhkan. Hal ini tentu saja berpengaruh, terutama jika kamu menggunakan komputer dengan spesifikasi yang kentang atau bahkan sudah ketinggalan zaman.

Dengan menghapus ekstensi yang sudah tak penting akan membuat kinerja chrome kamu semakin lancar, terutama saat proses loading awal dimana pada saat itu akan banyak jadi proses terberat bagi sebuah aplikasi. Karena pada saat awal load aplikasi, maka mereka akan memproses semua hal yang ada dalam aplikasi tersebut, dengan adanya ekstensi-ekstensi yang banyak tentu saja akan mempengaruhi kinerja chrome. Setidaknya jika kamu menghapus ekstensi tak berguna itu, beban yang ada pada chrome menjadi lebih ringan dan bisa mempercepat chrome kamu, terlebih saat proses load awal.

3.Selalu Update Chrome Kamu Ke Versi Terbaru

Mungkin banyak dari kalian yang akan menyepelekan hal sekecil ini, namun yang harus kalian ketahui adalah kalian salah. Update aplikasi adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah aplikasi, dengan adanya update tersebut menandakan versi sebelumnya mungkin mempunyai masalah atau bug yang hanya bisa diselesaikan dengan mengupdate chrome kamu ke versi terbaru.

Banyak penelitian yang menyebutkan, jika mengupdate sebuah program atau aplikasi adalah salah satu hal yang penting. Dengan selalu mengupdate versi chrome akan menjadikanmu selalu berapa pada versi terbaik pada aplikasi tersebut dan bisa sedikit mempercepat google chrome kamu.

4.Hapus History Dan Cache Pada Chrome

Menghapus History dan Cache Pada chrome juga bisa menjadikan chrome kamu berjalan lebih cepat, hal ini disebabkan karena dengan menyimpan banyak history dan cache pada chrome akan mempengaruhi memory penyimpanan pada aplikasi, semakin lama kamu menyimpan banyak cache maka akan memenuhi ruang penyimpanan kamu dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja dari chrome kamu, terlebih saat pertama kali aplikasi diaktifkan.

Untuk menghapus cache, kamu hanya perlu tekan tanda titik tiga yang berada pada pojok kanan atas, kemudian pilih History, pilih clear browsing data,  nanti akan terdapat pilihan basic atau advance, kamu pilih advance dan centang sesuai kehendak kamu. Jika PC kamu tidak memiliki banyak ruang, menghapus file yang tidak perlu seperti ini bisasedikit mempercepat kinerja chrome kamu.

5.Gunakan Fitur Preftech Milik Chrome

Sebenarnya, Chrome memiliki fitur prefetch yang akan membuat halaman web memuat lebih cepat daripada di browser lain. Pada dasarnya, prefetch akan memuat ulang halaman web yang kamu kunjungi menggunakan cookie yang telah dikumpulkan Chrome selama kunjungan sebelumnya. Dengan fitur ini, akan memungkinkanmu untuk menelusuri halaman web yang sudah dikenal jauh lebih cepat dari biasanya.

Untuk mengaktifkanya, kamu hanya perlu masuk pada laman pengaturan, kemudian pilih default browser, pilih advanced yang berada diujung bawah dan aktifkan Preload pages for faster browsing and searching.

Jadi itu adalah 5 cara mengatasi Google Chrome yang error agar lebih cepat saat digunakan. Dengan begitu, kamu tak perlu bingung lagi jika mendapatkan kendala pada Google Chrome kamu.