4 Makanan yang Tidak Boleh Dipanasin Kembali

134

Kebanyakan makanan memang lebih cocok dimakan ketika panas atau hangat. Rasanya akan terasa lebih nikmat di lidah kita.

Tapi ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali setelah selesai dimasak. Makanan apa sajakah?

1. Nasi dan kentang

Di dalam nasi dan kentang terdapat bakteri jahat Bacillus cereus. Bakteri ini biasanya berkembang biak di pati, bahan tepung, termasuk nasi dan kentang. Bacillus Cereus ini dapat menghasilkan racun

Bacillus cereus adalah sumber keracunan makanan yang umum ditemukan, dengan sebagian besar kasus berasal dari makanan sisa seperti beras.

Para peneliti di Australian National University (ANU) pun menemukan cara kerja Bacillus Cereus dan cara memeranginya. Bakteri ini biasanya berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh, dan mampu mempertahankan dirinya sendiri.

2. Bayam

Ketika bayam diolah, dimasak, didiamkan, kemudian dipanaskan kembali, enzim dari bakteri dapat mengubah nitrat menjadi nitrit. Nitrit ini berbahaya jika dikonsumsi bayi dibawah usia 6 bulan.

3. Santan

Santan sebenarnya menyehatkan asal dimakan dengan jumlah yang cukup. Berdasarkan penelitian, hidangan yang mengandung santan jika dipanaskan berulang-ulang maka akan membentuk aseton.

Aseton ini merupakan jenis radikal bebas yang sangat berbahaya karena dapat menempel di pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

4. Gorengan

Siapa coba yang tidak suka dengan gorengan? Tekturnya yang reyah dan harganya yang murah membuat gorengan ini menjadi cemilan atau bahkan hidangan utama kesukaan banyak orang.

Gorengan ini tentunya paling enak dikonsumsi selagi hangat, tak heran gorengan sering dipanaskan ulang sebelum mengonsumsinya kembali.

Faktanya, pemanasan berulang pada gorengan justru akan membuat kandungan kolesterol dan lemak pada gorengan semakin tinggi.

Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu penyakit seperti stroke dan jantung koroner.

Mulai hari ini jangan sembarangan memanaskan makanan lagi ya, guys!