4 Band Rock Jadi Inspirasi Kriminal

222

Genre musik Rock yang muncul pada 1950-an, menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya masyarakat memiliki pandangan konservetif dari musik tersebut, apalagi ketiak rock menjadi seperti hard rock, punk dan heavy metal, masyarakat kian membencinya.

Seperti yang diketahui, musik keras dan cenderung berutal, ini yang menyebabkan ditunding sebagai musik penyebab kejahatan seperti pemerkosaan, perusakan, dan pembunuhan.

Mengutip laman anehdidunia, Inilah 4 musik yang dibilang menyebabkan kejahatan bagi masyarakat:

1.Black Flag

Pada awal 80-an, bassist Black Flag Chuck Dukowski hadir di acara talk show Rona Barrett yang membahas kekerasan yang dilakukan anak punk. Saat itu memang punk rock sedang berkembang pesat di LA, dan di beberapa konser punk sering terjadi kerusuhan, antara anak-anak mohawked dan polisi.

Punk dituduh sebagai biang kekerasan dan anti kemapanan, tapi Dukowski dan pemain musik punk lainnya berpendapaat bahwa pemerintah hanya takut pada sesuatu yang tidak mereka pahami, dan satu-satunya yang melakukan kekerasan adalah LAPD (kepolisian kota Los Angeles).

2.Mayhem

Pada 1991, Per Yngve Ohlin (vokalis band black metal asal Norwegia) menembak dirinya di rumah milik band ini. Salah satu anggota band bernama Euronymous mengambil foto mayat Ohlin dan memasangnya di album art band ini. Lalu pada tahun 1993.

Mayhem/Burzum anggota dari Varg Vikernes menusuk dan membunuh Euronymous. Black metal lalu menjadi pokok pembicaraan rutin di seluruh Norwegia, dan media mulai menganggap musik metal sebagai penyebabnya.

3.Sich Of It All

Di 1992, Wayne Lo melakukan penembakan di kampus Simon’s Rock College, Massachusetts, dimana seorang siswa dan profesor terbunuh, sementarah 4 orang lainnya terluka. Pada saat melakukan penembakan, Lo mengenakan T-shirt (kaos) bertuliskan band punk hardcore Sick Of It All, dan lagi-lagi media menuding musik dari band tersebutlah penyebabnya.

Band ini sendiri kemudian menyangkal semuanya, dan menjelaskan bahwa Wayne Lo salah dalam memahami lirik lagu mereka.

4.Ozzy Osbourne

Pada tahun 1986In 1986, Ozzy Osbourne dituntut oleh orang tua dari John McCollum, pemuda yang bunuh diri setelah mendengarkan lagu Osbourne “Suicide Solution” (solusi bunuh diri).

Pada lagu tersebut terdapat lirik “Why try? Get the gun and shoot!” (mengapa mencoba? ambil pistol dan tembak!), namun pengacara serta orang tua John gagal membuktikan bahwa Osbourne bertanggung jawab atas kematian anaknya, dan kasus ini akhirnya dibatalkan oleh pengadilan.

Bagaimana pendapat kalian tentang musik rock ini, apakah percaya? Kalau untuk mimin sendiri sih, pendapatnya musik rock ini adalah sesuatu musik yang bisa menyemangati dan tidak membuat galau.