3 Makanan yang Bagus Untuk Otak, yang No 3 Lagi Booming

23

Setiap hari otak berkerja untuk berfikir segala sesuatu, namun disatu sisi membutuhkan nutrisi untuk jantung, paru-paru dan otot. Makanan yang menjaga otak tetap sehat seperti apa ?

Mengutip laman MSN, Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekuatan otak.

Blueberry

Blueberry

Blueberry telah terbukti membantu mencegah atau memperlambat penurunan kognitif berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

Buah beri kaya akan antosianin, senyawa tanaman yang memberi mereka rona biru.

Sebuah studi pada 2012 dari Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu cangkir blueberry dan stroberi per minggu secara signifikan mampu menajamkan kecerdasan mereka.

Mereka juga mengalami keterlambatan penurunan mental yang cukup besar selama dua setengah tahun dibandingkan dengan wanita yang jarang makan beri.

Bubuk kakao

Bubuk kakao

Anda mungkin tidak tahu bahwa bubuk kakao adalah cokelat hitam 100 persen. Flavanol dalam kakao dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, dan dalam hal ini, tampaknya semua tentang aliran darah.

Kakao mengandung senyawa yang disebut epicatechin, yang tampaknya bisa meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan pembuluh darah.

Aliran darah yang lebih baik berarti lebih banyak oksigen ke otak, dan karenanya, fungsi otak yang lebih baik.

Carilah varietas tanpa pemanis yang belum “didiamiasi” atau diproses dengan alkali (ini dilakukan untuk menghilangkan kepahitan, tetapi merusak banyak flavanol).

Idealnya, pilih varietas dengan setidaknya 200 mg flavanol. Anda bisa menambahkan bubuk kakao ke yogurt vanilla tradisional atau bahkan mencampurnya ke dalam cangkir kopi Anda.

Kopi

Kopi

Kafein dalam kopi telah terbukti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, meningkatkan fungsi kognitif dan membuat Anda merasa kurang lelah.

Ada juga banyak antioksidan pelindung, sehingga manfaat otak kemungkinan berasal dari kombinasi kafein dan antioksidannya.

Kopi tanpa kafein juga merupakan pilihan padat bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, karena masih mengandung antioksidan.