3 Ilmuan Yang Juga Cantik

122

Sosok wanita memang tiada henti-hentinya jadi sorotan publik, apalagi oleh kaum pria. Sebelumnya, kalian berfikir jika ilmuan atau peneliti identik oleh pria parubayah.

Namun, ada beberapa para ilmuan cantik yang menghasilkan penemuan yang sangat berguna bagi masyarakat banyak? Nah, inilah penemuan ilmuan wanita yang hasil karyanya sangat luar biasa.

Rosalind Franklin (Penemu Mekanisme Merumuskan Model dan Struktur DNA)

Ilmuan yang bernama Rosalind Franklin lahir 25 Juli 1920, salah satu penemu konsep penting dari asam deoksiribonukleut atau dikenal sebutan DNA, yang memegang peran penting dalam berbagai bidang keilmuan terutama biologi khususnya tentang genetika.

Ilmuan ini mengadakan penelitian struktur DNA bersama Francis Crick, James Watson, dan Maurice Wilkins dengan difraksi sinar X. Tidak hanya fokus terhadap struktur dari DNA, tetapi dengan difraksi sinar X, dia berhasil menemukan mekanisme untuk merumuskan model dan struktur DNA.

Dari  penemuannya itu juga di berhasil mendapatkan hadian nobel pada tahun 1962. Jika saja dia tidak meninggal pada usia muda pada 16 April 1958 yang berusia 37 tahun, mungkin masih banyak penemuan hebat yang akan dia temukan. Pada masa kritisnya saja Franklin berhasil membuat beberapa karya penting yang pada masa sekarang dijadikan acuan dasar ilmu virologi struktural.

Hedy Lamarr (Penemu Spektrum Sebar dan Perpindahan Frekuensi)

Ilmuan bernama Hedy Lamarr lahir pada 9 November 1914, dia adalah seorang aktris dan matematikawan berdarah Austria-Amerika yang terkenal karena kecantikannya.

Karena dari kecantikannya Hedy dikontrak oleh Metro-Goldwyn-Mayer atau MGM. Pada era 1930-an masa popularitasnya lewat acting-akting kontroversinya yang melegenda, di film Ecstasy berakting sangat berani, bahkan jika saat ini diputar bakal di cekal.

Selain cantik dan tangguh berakting, Lamarr adalah ilmuan yang pertama kali mempatenkan teknologi spectrum sebar dan berpindah frekuensi. Implementasinya digunakan mengacaukan sistem detector torpedo musuh.

Bahkan sampai rudal yang dilengkapi teknologi ini tidak akan bisa dilacak. Penemuan tersebut, dilakukan bersama rekannya yang bernama Geogre Antheill. Namun, saat diajukan kepada Angkatan Laut Amerika justru ditolak mentah-mentah.

Justru penemuan tersebut jadi cikal bakal dari banyaknya penemuan lainnya, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan CDMA. Pada tahun 1997 penemuannya diberikan apresiasi dengan penghargaan.

Haruka Obokata (Penemu STEM yang Kontroversial)

Ilmuan bernama Haruka Obokata lahir pada tahun 1983 di Jepang. Wanita cantik ini sempat menggemparkan dunia karena penemuannya di bidang biologi, terkait sebuah sel unik. Bernama STEM, sel ini kononnya bisa meregenerasi sel-sel hewani yang telah rusak, agar kembali seperti semula.

Mekanisme sel bernama STEM berkembang ditubuh seperti embrio, penggunaannya bermacam-macam, seperti meremajakan organ-organ vital.

Sayangnya, penemuan tersebut tidak berhasil saat diuji di publik oleh peneliti lainnya. Ketika melakukan penelitian selalu salah, akhirnya wanita ini dituduh melakukan penipuan tentang STEM dan hasil risetnya ditarik kembali.

Meskipun begitu, Obokata tetap menyangkal bahwa dia benar-benar menemukan STEM, hanya saja metode tertentu yang membuat berhasil tidak bisa dia ungkapkan ke publik.

Sampai saat ini STEM sendiri masih menjadi misteri, apakah benar nyata atau hanya sebuah imajinasi dari Haruka Obokata saja. Jika saja penemuan tersebut terbukti benar kemungkinan manusia akan dapat merealisasikan tentang kehidupan abadi.