3 Alat Medis Menakutkan Sepanjang Sejarah

109

Tahukah anda sejak zaman dahulu, suatu penyakit akan disembuhkan dengan metode pengobatan aneh. Bukan maksud buruk, tapi memang ini yang dilakukan pada zaman dahulu yang bertujuan menyembuhkan penyakit.

Mungkin dari kurangnya penelitan zaman dahulu, justru banyak orang ingin mencapai tujuan di dunia kedokteran dengan beberapa alat medis yang aneh.

Inilah 3 peralatan medis yang aneh bahkan mendengar cerita yang menarik dalam sejarah kedokteran.

1.Sangkar Elektroterapeutik

Pada awal tahun 1900-an sangkar elektroterapeutik merupakan metode pengobatan pasien dengan kesehatan mental, namun, hubungan kedua kata tersebut diabaikan.

Pengobatan dengan metode berdukunan masih merajalela, elektrografi ini merupakan alat terobosan yang paling popular dalam dunia kedokteran. Pasien didudukan dalam sangkar, kemudian arus listrik berfrekuensi tinggi akan dialirkan melalui auto-konduksi sangkar.

Terdengar cukup sadis, namun, prosedur ini aman untuk pasien, sebab hampir tidak merasakan apapun, yang dirasakan hanya sensasi hangat. Namun, saat ini manfaat prosedur ini untuk meringankan penyakit mental masih jadi pertanyaan.

2.Air minum dengan kandungan zat radioaktif

Pada umumnya, zaman dahulu air zat radioaktif itu justru sebagai air minum mereka. Pada waktu itu zat radioaktif baru ditemukan, demikian fakta dibalik keajaiban mata air panas terhadap kesehatan.

Para peniiti menemukan berkat gas radon yang naik ke permukaan dan masuk ke dalam mata air panas. Hal tersebut justru dihubungkan orang-orang untuk mencari zat radioaktif untuk hidup sehari-hari, bahkan untuk dikonsumsi air minum yang mengandung zat radioaktif ini.

Air radon dalam kemasan botol pun hadir, namun sayangnya zat radon memiliki waktu paruh kurang dari 4 hari. Hal ini berarti bahwa zat tersebut akan hilang sebelum dapat dikonsumsi masyarakat.

Alat penyaring air khusus untuk menjaga agar zat radiasi tetap ada dan bersifat poten kemudian berhasil diciptakan. Nama-nama seperti “Revigator”, “Radithor” and “Radione” merupakan nama alat penyaring yang paling terkenal pada masa itu.

3.Trephine

Ribuan tahun lalu, jika seorang berpelikau tidak normal tandanya kerasukan roh jahat. Sebuah lubang akan dibuat pada tengkorak mereka dengan menggunakan trephine, atau alat bedah berupa pisau gergaji berbentuk bundar.

Lubang tersebut dikatakan dapat menjadi pintu keluar roh jahat sehingga pasien dapat kembali memperoleh akal sehatnya dan menjadi normal. Trepanasi atau pelubangan kepala, merupakan prosedur pembuatan lubang agar lapisan dura mater terpapar dengan dunia luar.

Prosedur ini telah dilakukan dari sejak zaman Neolitikum dalam lukisan gua. Tengkorak yang sudah dilubangi kemudian dipakai menjadi kalung leher sebagai jimat untuk menangkal roh jahat.

Prsedur ini juga bisa meredakan migrain dan kejang epilespi. Hingga kini prosedur trepanasi diklaim dapat meningkatkan aliran darah dan menyembuhkan depresi.