10 Jari Tangan? Kenapa Ga 11 atau 12?

162

Kadang pertanyaan tersebut disepelekan oleh kebanyakan orang dewasa. Padahal tidak banyak yang tahu jawaban sesungguhnya.

Dengan mengetahui mengapa kita memiliki 10 jari kaki dan 10 jari tangan, kita lebih bisa mengenal siapa diri kita (manusia) dan posisi kita di alam semesta ini.

Sehingga pada akhirnya kita akan lebih humble untuk menerima bahwa tidak ada yang spesial mengenai manusia yang merupakan bagian alam semesta sama seperti mahluk hidup lainnya di dunia ini.

Kuy, langsung aja nih ulasannya!

Keseimbangan

Menurut para ilmuwan yang telah meneliti hal ini, alasannya sederhana. Ini semua berkaitan dengan keseimbangan. Bayangkan jika kamu memiliki enam jari pada kaki kanan dan empat jari pada kaki kiri, mungkin kita akan kesulitan berjalan

Hukum anggota badan

Perhitungan hukum anggota badan menemukan bahwa jumlah jari yang tepat untuk tangan dan kaki manusia adalah lima. Jumlah yang sama seperti saat sebagian besar manusia dilahirkan.

Para ilmuwan yakin bahwa 10 jari pada tangan dan kaki manusia adalah jumlah yang tepat. Bahkan jempol kaki yang berukuran lebih besar juga ada fungsinya yaitu untuk menyeimbangkan tubuh saat berjalan dan memberikan tekanan pada tubuh ketika melompat.

Jika manusia memiliki jari ekstra, misalnya enam jari pada tangan atau kaki, hal ini tidak akan menguntungkan karena akan mempengaruhi keseimbangan kita.

Alasan ini yang digunakan para ilmuwan untuk menciptakan robot mirip manusia dengan lima jari. Salah satunya adalah untuk memaksimalkan pekerjaan.

Sebagai pelengkap informasi, terdapat rumus matematika bernama “Hukum Anggota Badan” yang dikembangkan Mark Changizi, seorang ahli saraf.

Pada hukum ini dijelaskan, bahwa jumlah anggota tubuh, termasuk jari, tergantung pada berapa panjang jari itu.

Semakin pendek anggota tubuh, fungsinya akan semakin dibutuhkan.

Ga kebayang ya, guys! Ternyata hal kecil seperti ini ada manfaatnya bukan asal-asalan.